oleh

214 Jabatan Administrator Disetarakan ke Fungsional

-Berita-703 views

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Sebanyak 214 pejabat yang terdiri atas 4 pejabat eselon III dan 210 Pejabat Eselon IV lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dilantik dan diambil sumpahnya dalam jabatan baru dari Jabatan administrasi ke jabatan Fungsional.

Pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Bupati Maluku Tengah ini terselenggara di Baileo Soekarno, Masohi, Rabu (5/1)
Penyetaraan jabatan administrasi ke Fungsional ini merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, serta Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 800/8577/OTDA tanggal 27 Desember 2021 tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten di Provinsi Maluku.


Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury menyebut, pelantikan dan pengambilan sumpah penyetaraan jabatan saat itu hendaknya dipahami sebagai langkah peningkatan efektifitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.
Terkait hal itu, diharapkan para pejabat yang baru dilantik harus secepatnya menyesuaikan diri.
“Keahlian dan Kompetensi – kompetensi diri dalam jabatan fungsionalnya yang baru harus dapat segera disesuaikan,” pesannya.
Sebab sejatinya kata Wabup, transformasi jabatan Administrasi dengan memperkuat formasi Jabatan Fungsional diharapkan dapat mewujudkan efisiensi dan efektifitas birokrasi.
Dalam rangka itu, banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan setiap instansi pemerintah dalam penerapan penyederhanaan birokrasi dimaksud.
“Melalui penyetaraan jabatan struktural ke Jabatan Fungsional diharapkan, kultur birokrasi akan lebih baik lagi. Para pemangku jabatan fungsional harus memiliki high performance dan high commitment untuk mempelajari pengetahuan baru sesuai dengan jabatan fungsional yang diikuti termasuk peluang dalam mengembangkan gagasan atau ide kreatif lebih luas,” tukasnya.
“Pastikan semua target program RPJMD Kabupaten Maluku Tengah dapat terselesaikan demi mewujudkan Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara,“ kuncinya. (MYX)

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV