Ragam Lomba Warnai Perayaan Festival MCT 2022

Berita397 views

Masohi, GLOBALMALUKU.COM | Lomba Lari Marathon 24 Km mengelilingi Pulau Nusalaut, Lomba Mancing, Lomba Makan Papeda hingga lomba Cucu (Tusuk) Atap mewarnai perayaan Festival Martha Christina Tiahahu tahun 2022.

Festival MCT tahun ini selenggarakan memperingati HUT Pahlawan Nasional Asal Negeri Abubu Kecamatan Nusalaut Kabupaten Maluku Tengah ke-224.
Wakil Bupati (Wabup) Maluki Tengah Marlatu Leleury dalam sambutannya menyampaikan
Sejumlah harapan dibalik semarak pelaksanaan festival MCT.
“Momentum ini kiranya dapat dimanfaatkan sebagai sarana menyuburkan interaksi sosial yang sehat, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan dan kekompakan untuk membangun daerah dan bangsa ini,” serunya.
“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kecintaan masyarakat akan seni dan budaya yang dikemas melalui berbagai perlombaan tradisional, sebagai salah satu kearifan lokal sekaligus memperkaya khasanah budaya nasional,” sambung Wabup Malteng dua periode ini.
Diharapkan pula agar sejarah tentang perjuangan Martha Cristina Tiahahu dapat selalu dikenang. Terutama tentang keberanian wanita Maluku utnuk ikut mengambil peran membela tanah air tercinta.
“Kisah kepahlawanan Martha Christina Tiahahu melawan penjajah mesti tertanam di dalam sanubari seluruh warga masyarakat Maluku dimanapun berada. Komitmen Martha Christina Tiahahu hatus mampu menggugah hati dan pikiran kita untuk terus berjuang demi kemajuan daerah dan bangsa,” katanya.
“Kegiatan ini seyogyanya dapat menggairahkan semangat generasi muda untuk lebih bersemangat, lebih Kreatif dan inovatif di tengah pandemi COVID-19,” kuncinya.
Pantauan media ini, Festival Marta Christina Tiahahu saat itu dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Maluku Tengah Joan Raturandang Leleury, Anggota DPR Salmon Sitaniapessy, Kepala Dinas Pariwisata Frangky Wattimena, Camat Nusalaut beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Nusalaut
Para Kepala Pemerintah Negeri, para tokoh agama, tokoh pemuda serta masyarakat se-Kecamatan Nusalaut hadir dalam kegiatan yang digagas pada Selasa (4/1) itu.
Tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti aegenap mata lomba dalam kegiatan saat itu relatif sangat siginifikan. (MYX)

Tinggalkan Balasan

GM TV