oleh

Widya Murad, “Kwarcab ujung tombak penyelenggaraan pendidikan kepramukaan”

-Berita-828 views

MASOHI, GLOBALMALUKU.ID | Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail mengatakan, Kwartir Cabang gerakan pramuka merupakan ujung tombak penyelenggaran pendidikan kepramukaan.

Artinya bahwa selaku induk organisasi kepramukaan di Kabupaten, tugas Kwarcap adalah membangun kepribadian anggota dan masyarakat, mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Kwarcab adalah ujung tombak penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. Tugas kwarcab memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan,” tandas Widya melalui sambutannya usai melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Maluku Tengah Masa Bakti 2021-2026 di Di Baileo Soekarno, Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (13/6).

Secara internal maupun eksternal, Kwarcab harus mampu membangun kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan demi tercapainya tujuan organisasi sebagaimana dikhtiarkan oleh Pemerintah dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka

”Perkokoh jalinan hubungan antar setiap tingkatan kwartir, seluruh jajaran pengurus kwartir untuk memantapkan jati diri dengan berpedoman pada nilai etika, kaidah agama serta Satya Dharma Pramuka,” seru istri Gubernur Maluku ini.

Sementara itu, Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Maluku Tengah, Abua Tuasikal dalam sambutannya mengungkapkan optimismenya terhadap aktifitas organisatoris maupun pelaksanaan tugas Kwarcab Pramuka Maluku Tengah.

“Selaku ketua MABICAB saya akan memotivasi dan semakin memperkuat eksistensi dan peran Gerakan Pramuka di Maluku, dan khususnya di Maluku Tengah, sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter generasi muda bangsa,” ikrarnya.

Diakui bahwa, tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, seperti degradasi moral dan etika, memudarnya rasa nasionalisme dan jati diri bangsa, sikap individualisme dan sikap acuh generasi muda terhadap ideologi bangsa.

Pada titik ini, peran dan tugas Kwarcab Gerakan Pramuka sangat penting dan strategis dalam rangka mengatasi tantangan dan permasalahan dimaksud.

Lebih dsripada itu, Abua mengatakan, Gerakan Pramuka sudah sepatutnya mengambil peran sebagai agen perubahan, sebagai solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian, sehingga harapan lahirnya pemuda- pemudi bangsa yang berjiwa nasional akan terwujud.

“Untuk mewujudkan hal itu, maka seluruh pengurus Gerakan Pramuka harus selalu konsisten dan konsekuen memanfaatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mendidik dan membina kaum muda Maluku Tengah dalam mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan berbudi pekerti luhur,” pesannya kepada Pengurus dan anggota Kwarcab gerakan Pramuka Maluku Tengah.

“Kedepan, kualitas Gerakan Pramuka di daerah ini harus lebih meningkat. Lebih menampakkan ciri khasnya sebagai organisasi pendidikan yang solid dan mandiri – yang selalu siap sedia untuk berbakti, mengabdi, dan melayani organisasi maupun masyarakat,” kuncinya. (AXI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV