oleh

Balai TN Manusela salur bantuan kepada Masyarakat

-Berita-281 views

MASOHI, GLOBALMALUKU.ID | Balai Taman Nasional (B TN-Manusela), Kamis (28/7) menyalurkan bantuan peningkatan ekonomi kreatif bagi kelompok Nelayan di Kecamatan Seram Utara.

Bantuan yang disalurkan berupa longboat beserta mesin tempel 15 PK.

Disaksikan Anggota Komisi IV DPR-RI, Sa’adiah Uluputty, bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Manusela MHD. Zaidi kepada kelompok nelayan Asiahari, Negeri Pasahari, Seram Utara.
Zaidi, dalam amanatnya berharap, bantuan yang diberikan dapat berdampak positif pada peningkatan ekonomi kelompok dan masyarakat setempat. Disisi lain, dapat berimplikasi positif bagi Taman Nasional.

“Bantuan ini merupakan wujud pengelolaan Taman Nasional yang sejatinya, bukan hanya fauna dan flora namun juga pemberdayaan masyarakat daerah di wilayah penyangga,” Kata Zaidi

“Semoga bantuan ini bisa berdampak positif bagi perekonomias kelompok maupun masyarakat setempat,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR-RI, Sa’adiah Uluputty melalui sambutannya menegaskan bahwa, bantuan yang disalurkan Balai Taman Nasional Manusela saat itu merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat di daerah penyangga.

“Masyarakat dan hutan tidak dapat dipisahkan, masyarakat sekitar hutan memiliki ketergantungan terhadap hutan. Maka dari itu masyarakat harus turut serta menjaga dan melestarikan hutan untuk anak cucu kelak” kata Sa’adiah.

Tidak sebatas seremoni penyerahan bantuan. Momentum saat itu dirangkai juga dengan kegiatan bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM. Yakni tentang
teknik pemasaran hasil tangkapan nelayan dan pengembangan produk olahan Kenari bagi kelompok Tani Mualey Negeri Siatele.

“Pemasaran sekarang bisa dilakukan dengan mudah, cukup modal HP. Foto produk kemudian jual melalui sosial media atau toko online bisa dilakukan dimana saja” sentil Saadiah

“Mungkin bisa juga meminta pejabat atau tamu tamu yang datang di negeri ini untuk membantu mempromosikan produk olahan kenari dari Negeri siatele” tutup Saadiah. (AXI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV