Pj Wali Kota Ambon Menghimbau Kepada Masyarakat Jika Digigit Anjing Rabies Segera Lapor RS Terdekat

Berita538 views

AMBON,Global Maluku.ID | Adanya informasi yang beredar di masyarakat terkait anjing rabies yang menggigit 13 orang, dibenarkan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (22/08/2022).

“Jadi tadi waktu dapat informasi dari masyarakat, saya sudah koordinasi dengan Kadis Pertanian dan Kadis Kesehatan Kota Ambon,”terangnya.

Dia mengakui, dengan Kadis Pertanian koordinasi yang dilakukan terkait anjing rabies tersebut.

Penjabat menerangkan bahwa kejadian terakhir masyarakat di gigit di pasar mardika dan sekarang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat dr Leimena.

Untuk masyarakat yang sudah digigit anjing rabies tersebut, Pj Wali Kota meminta untuk segera lapor ke Puskesmas terdekat, untuk segera di suntik vaksin rabies.

“Masyarakat telah digigit, segera lapor di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat. Saya sudah minta Kadis Kesehatan untuk segera melakukan vaksin rabies kepada seluruh pasien yang digigit. Kita hanya bisa membantu sebatas itu,”tegasnya.

Untuk penanganan terhadap anjing rabies tersebut, Pj Wali kota mengakui akan koordinasikan dengan pihak kepolisian, dalam hal ini Polresta Pulau Ambon, agar anjing rabies tersebut ditembak.

“Karena staf saya dari Dinas Pertanian juga tidak punya kemampuan untuk menghadapi anjing yang rabies. Jadi prinsipnya Pemerintah Kota Ambon akan berupaya untuk mengambil langkah-langkah medis terhadap orang yang digigit rabies.

Tentang adanya masyarakat yang meninggal akibat digigit anjing rabies, dirinya mengakui belum dapat informasi. Tapi untuk yang digigit, saat ini di rawat di RST ada di RSUP dr Leimena.

“Sekarang dari Dinas Kesehatan Kota Ambon sudah melakukan vaksinasi 12 orang,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV