oleh

Abua Tuasikal Maestro Malteng dan desain sosok cabup diperiode mendatang. Ruaty tepat terima Estafet Malteng ?

-Opini-174 views

MASOHI,Global Maluku.ID | Segudang prestasi telah ditorehkan Tuasikal Abua dan wakilnya, Marlatu Leleury sejak dipercaya masyarakat Malteng menjadi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah pada periode 2012-2017 hingga 2017-2022.

Yang kassat Mata, Pembangunan insfrastruktur di Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah. Dengan komitmen yang kuat memajukan Malteng dan kerja ikhlasnya, Tuasikal Abua – Marlatu Leleury mampu mengubah wajah Kota Masohi. Menghilangkan predikat Masohi sebagai “Kampung Besar”.

Bermodal komitmen dan ketulusan membangun Kabupaten bertajuk Pamahanusa ini, di awal kepemimpinannya, Tuasikal Abua mampu menginisiasi Program Pembangunan inovatif melalui program Tabaos Bupati Maluku Tengah.
Program ini oleh Kemendagri memperoleh penghargaan Innovative Gevernment Award ( IGA) pada periode pertamanya menahkodai Malteng.

Segepok prestasi lain tingkat Nasional dan Provinsi Maluku berhasil dikantongi. Yang paling menonjol adalah keberhasilan dalam mewujudkan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang akuntabel. Ini dibuktikan dengan raihan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah.

Istimewahnya, Predikat WTP berhasil diwujudkan sejak LHP tahun 2014 di lima tahun pertama memimpin Malteng hingga tahun terakhir kepemimpinannya. “Kita optimis bahwa predikat WTP akan berhasil kita raih pada LHP tahun 2023 nanti,” kata Bupati.

Lantas, apakah kerinduan untuk bisa berkontribusi bagi kemajuan Maluku Tengah hanya sampai akhir masa kepemimpinannya ?

Dalam berbagai kesempatan, Tuasikal Abua mengungkapkan hasratnya untuk bisa terus berkontribusi bagi kemajuan Maluku Tengah, meski tidak lagi menjabat sebagai Bupati Maluku Tengah.

Kerinduan ini yang mengilhaminya mendorong Amien Ru’aty untuk ikut dalam kontestasi Pemilihan Bupati Maluku Tengah pada 2024 nanti.

Harapannya, dengan kesamaan cara pandang serta komitmen untuk memajukan Maluku Tengah. Ru’aty paham akan ritme kerja Dia dan pasangannya Marlatu Leleury.

“Setelah selesai dengan pengabfian ini, saya akan selalu ada bila dibutuhkan untuk kemajun Maluku Tengah,” kata Abua diplomatis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV