Penjabat Bupati Hadiri Prosesi Adat Rituwal Adat Di Tempat Tambang Marmer Desa Hulung

Berita488 views

HULUNG,GLOBALMALUKU.ID-Penjabat Bupati hadiri upacara ritwal adat Desa Hulung Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat(SBB)dalam rangka kelancaran PT.Gunung Makmur Indah(GMI)yang akan beroperasi pertambangan Marmer di wilayah hutan Desa Hulung. Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kapolres SBB, Kasdim 1502,OPD Lingkup Pemda SBB ,Danramil 1502-06/Taniwel,Kepala Desa Piru,serta seluruh Kades se-Kecamatan Taniwel,dan masyarakat Desa Hulung,Selasa(1/10/2022).

Dalam acara tersebut Brigjen Penjabat Bupati Andi Chandra As’aduddin SE.M.H berserta para tamu lainnya, disambut dengan tarian Cakalele oleh masyarakat Desa Hulung dan dilanjutkan proses Adat yang dilakukan oleh ketua adat setempat ,serta penyiraman alat berat dengan air rituwal oleh tua-tua adat desa Hulung.

Fenti Julianti Towe selaku Kepala Desa Hulung dalam sambutannya mengatakan,upacara adat merupakan kegiatan sakral yang dititipkan oleh para leluhur yang masih di lestarikan oleh anak cucu dalam menjaga kehidupan orang Basudara yang ada di Desa Hulung,ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Andi Chandra, As’adudin dalam sambutannya mengakatakan, merupakan kebanggan yang sangat luar biasa sekali apabila kita masih melestarikan adat dan budaya dalam menghadapi erah kemajuan saat ini ,ujarnya.

Harapnya kepada PT.GMI yang akan beroperasi dalam mengelola pertambangan Batu Marmer PT.GMI harus bekerjasama yang baik dengan semua elemen yang ada di Desa Hulung dan sekitarnya agar bisa meningkatkan kesejahteraan Ekonomi Masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

GM TV