oleh

Mahasiswa FIKOM UC Inisiatif Bantu Warga Lebo Agung Membuat Gerobak Sampah

-Berita-282 views

SURABAYA,Global Maluku.ID – Selama beberapa tahun terakhir, penumpukan sampah menjadi permasalahan yang belum bisa terselesaikan oleh pihak warga. Terjadinya penumpukan sampah ini dikarenakan tidak adanya gerobak sampah yang dapat mengambil tumpukan sampah tepat waktu. Sampah-sampah itu menumpuk selama tiga sampai lima hari. Hal tersebut membuat mahasiswa FIKOM UC (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra) tergerak untuk mengadakan kegiatan sosial dengan tema “Sampahku, Tanggung Jawabku” sebagai bentuk kepedulian mereka kepada warga RT.05/ RW.02, Lebo Agung Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya terkait permasalahan lingkungan yang sedang dihadapi yaitu penumpukan sampah. Dan untuk mengurangi penumpukan sampah, maka diadakanlah kegiatan pembuatan gerobak sampah oleh mahasiswa FIKOM UC juga dibantu oleh Ketua RT, dan beberapa warga setempat.

Bapak Agus menyampaikan terima kasih pada saat kegiatan acara serah terima gerobak sampah yang dilakukan oleh mahasiswa FIKOM UC dan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya divisi Pusat Pengembangan Sosial.

“Saya merasa bersyukur dan terima kasih karena mahasiswa FIKOM UC memiliki kepedulian untuk membantu kami membuat gerobak sampah yang baru dengan kualitas yang sangat bagus.” ujar Pak Agus selaku Ketua RT.05/ RW.02, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Gabriella Erika Christina ketua panitianya menjelaskan kegiatan sosial dimulai pada tanggal 23 November 2022 bersama mahasiswa FIKOM UC, Ketua RT, Pak Lasmidi selaku ketua divisi PPS (Pusat Pengembangan Sosial) dari YKBS (Yayasan Kasih Bangsa Surabaya) dan beberapa warga setempat mulai membeli bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat gerobak sampah. Lalu dilanjutkan dengan proses pembuatan gerobak sampah pada tanggal 24 November oleh Ketua RT dan beberapa warga setempat yang memakan waktu kurang lebih satu minggu.

“Kegiatan sosial dimulai pada tanggal 23 November 2022 bersama mahasiswa FIKOM UC, Ketua RT dan beberapa organisasi lainnya dengan membeli bahan keperluan untuk membuat gerobak sampah,” kata Erika.

“Tanggal 5 Desember merupakan kegiatan terakhir berupa pengecatan gerobak sampah yang telah jadi untuk selanjutnya kita serahkan ke yang bersangkutan,” tambahnya

Rangkaian acara kegiatan yang terakhir dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2022 dengan kegiatan pengecatan bersama gerobak sampah bersama dengan mahasiswa FIKOM UC, Ketua RT, perangkat kampung, dan Pak Lasmidi selaku koordinator Yayasan Kasih Bangsa Surabaya Divisi Pusat Pengembangan Sosial.

Sebagai tambahan kegiatan, mahasiswa FIKOM UC juga memberikan edukasi kepada warga tentang bahaya penumpukan sampah. Edukasi dilakukan pada hari Jumat, 2 Desember 2022 lalu guna memberikan wawasan yang luas kepada warga tentang bahaya penumpukan sampah. Selain gerobak sampah, mahasiswa FIKOM UC juga memberikan 15 buah tong sampah sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan setempat dengan harapan dapat mengurangi penumpukan sampah yang berlebihan di daerah tersebut.

“Selain menyerahkan gerobak sampah juga memberikan wawasan tentang bahaya penumpukan sampah,” terang Christina.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV