Luar biasa Tempat Pembuangan Sampah Jadi Lapak UMKM

Berita263 views

Ambon,GlobalMaluku.id- Pemerintah Kota Ambon merubah tempat pembuangan sampah yang ada di Pasar Minggu Negeri Passo, Kecamatan Baguala Kota Ambon, yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Maluku Tengah, menjadi lapak-lapak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Saat meninjau lapak-lapak tersebut pada Rabu (11/01/2023), Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena mengatakan, lapak-lapak itu dibangun setelah Pemkot Ambon melakukan penertiban sampah pada lokasi tersebut.

“Dengan adanya lapak-lapak ini, minimal area bisa kita jaga agar tidak lagi jadi tempat pembuangan sampah. Sehingga kita bisa memberikan tempat bagi para pelaku UMKM untuk menjual barang dagangan mereka,” jelasnya

Pemkot Ambon menurutnya, tidak akan menarik retribusi dari lapak-lapak tersebut. Karena lokasi itu merupakan tanah milik warga Negeri Passo.

“Lapak ini kita bagun diatas tanah milik keluarga disini. Jadi Pemkot tidak menarik retribusi, tapi nanti pelaku UMKM yang berjualan disni wajib memberikan sedikit untuk pemilik tanah saja, menimal sehari Rp. 5000 per pedagang. Jadi pedagang yang berjualan disini akan dikoordinir oleh Pemerintah Negeri Passo,” terangnya

Dijelaskan, pembangunan 8 lapak berukuran 3×3 ini,menghabiskan anggaran Rp. 100 juta lebih.

Selain itu Wattimena berharap, pelaku UMKM yang nantinya menempati lapak tersebut merupakan warga Kota Ambon.

“Saya harap pelaku UMKM yang nanti berjualan rujak ataupun gorengan disini merupakan warga Kota Ambon, karena ini kita buat agar dapat meningkatkan pendapat bagi mereka,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV