Haikuti,Kami Sangat Menderita Dengan Akses Jalan,Akses Jalan Yang Kita Pakai Adalah Sungai

Berita403 views

Ahiolo(Seram),GlobalMaluku.id-Adapun akses jalan dari 5 Negeri Diatas Gunung Tala menjadi satu tantangan bagi masyarakat setempat yang berada pada 5 Negeri diantaranya,Sumit, Pasinaru,Ahiolo,Huku,dan Abio, yang berada pada kecamatan Elpaputi Kabupaten Seram Bagian Barat(SBB).

Menuruni jalan yang bertebing dan sangat lincing itulah yang di lewati oleh lima Negeri yang berada di atas gunung ,sehingga aktifitas mereka sehari-hari menggunakan sungai dan memakai satu buah rakit untuk menurunkan barang-barang mereka ke kecamatan untuk kebutuhan anak-anak mereka, hal ini di ungkapkan Ketua BPD Ahiolo Endik Haikuti kepada Media ini,(8/2/2023).

Haikuti mengatakan ,sampai saat ini akses jalan ke Negeri kami belum sampai ,sehingga dirinya meminta agar ada peerhatian Pemerintah Daerah Dalam hal ini Pemda SBB khususnya daerah pegunungan,ujarnya.

Selain itu juga harus ada perhatian khusus juga dari Pemerintah Provinsi Maluku dan Pempus.

Ia juga katakan,seringkali ngomong ketika hari-hari Pemilu,Pileg, Pilkada tiba ,dan ngomong bagaimana mesenjahterahkan masyarakat ,tapi nyata dan janji mereka tidak mereka tepati, bahkan ada wakil rakyat yang datangi daerah kita sama saja tidak ada yang bisa melihat penderitaan kami ,selesai mereka mengambil suara dari kita masyarakat ,dan pergi sehingga habislah semua janji-janji manis mereka, papar Haikuti.

Menurutnya pada media ini, kalau Listrik (PLN)baik dan 24 jam nyalanya ,kalau padam tidak lebih dari satu hari, jadi untuk penerangan di Negeri kami ,sangat baik, jelasnya.

Ditambahkan,kami sebagai masyarakat sangat menderita dengan akses jalan.Akses jalan yang kita pakai adalah sungai .

Haikuti berharap,semoga ada perhatian khusus dari pemerintah SBB, sehingga ada perubahan lewat perhatian Pemerintah ,terutama akses pembangunan jalan ,supaya ekonomi pada masyarakat yang ada di lima Negeri ini bisa meningkat dan lebih baik lagi .

Harapnya semoga di tahun depan ,mungkin ada satu perhatian khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat(DPRD) dari SBB dan Provinsi dapat membahas anggaran ,dan bisa mengingatkan kami yang sementara menderita dengan akses jalan yang di lalui .

Ditambahkan ,kalau musim hujan ,itu kami masyarakat pegunungan terputus,selama beberapa bulan ,ketika sungai meluap ,kami tidak bisa memakai rakit,karna sangat berbahaya,tuturnya.

Ia juga menjelaskan kalau pakai rakit hanya satu kali pakai,langsung di buang ,dan kalau naik ke gunung kita harus jalan kaki sambil pikul barang.Ini yang sangat sadis dan sakitnya kami masyarakat pegunungan, Sumit, Pasinaru,Ahiolo,Huku kecil,dan Abio,jadi Lima Negeri yang ada di pegunungan Kecamatan ELPAPUTIH,terangnya.

Haikuti juga katakan, kami juga sangat menderita ketika anak-anak kami ke sekolah ,ya terpaksa mereka harus tinggal di Kecamatan,tutupnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV