Jelang Idul Fitri 2023 Arus Mudik Melonjak Di Bandingkan Tahun Sebelumnya

Berita580 views

Ambon,- Kepala Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, S Muhammad Assagaff mengaku, arus mudik di Pelabuhan Ambon jelang perayaan Idul Fitri tahun 2023, melonjak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dikatakan, data pastinya akan kita rekap -0 hari H. Dan arus balik itu nanti -15 baru kita rekap. Tapi pastinya ada peningkatan signifikan untuk arus mudik 2023 ini. Puncak-puncaknya itu Rabu kemarin. Itu merupakan pelayaran arus mudik terakhir dari Ambon menuju kawasan Barat Indonesia (Jawa), itu dengan KM.
Dorolonda,ujarnya .

“Untuk hari ini ada Tidar, tapi pelayarannya hanya sampai di pelabuhan Makasar saja,”jelas Assagaff saat diwawancarai , di Ruang Kerjanya, sabtu (15/4/2023). Tetapi setelah balik, sambungnya, maka pelayaran akan difokuskan pada bagian Timur, yaitu, arus mudik dari kawasan Jawa, Bau-Bau, Makasar menuju masuk Ambon.

Di jelaskan,nanti untuk tanggal 20 April 2023, pelayaran terakhir oleh KM. Ngapulu, yang diprediksi tidak akan terlalu ramai,ungkap Assagaf.

“Kemudian nanti selesai Leberan, diprediksi akan melonjak diarus baliknya,”.Sementara untuk penambahan armada yang diperbantukan dalam arus mudik pada Lebaran 2023 ini,hanya satu armada, yaitu KM. Cirimai,beber Assagaf.

“Assagaf mengungkapkan, sebelumnya kita hanya punya 8 kapal, sehingga saat itu diperbantukan 2 kapal, jadi 10, tapi saat ini, dua kapal itu sudah dikasih, jadi kita punya 10 kapal, untuk mengantisipasi arus mudik lebaran ini, diperbantukan 1 kapal,”ucapnya.

Ditambahkan ,untuk kemungkinan pada arus balik nanti akan ada penambahan armada. Assagaff menjelaskan, bahwa itu akan dilihat nanti. Karena bisa saja terjadi rekayasa lin, yang biadanya itu dilakukan dari Jawa.

“Dijabarkannya ,itu tergantung, nanti dilihat setelah Lebaran, kalau dilihat membludak, maka akan ada penambahan kapal secara tiba-tiba, biasanya dari Jawa. Itu disebut rekayasa lin,”tuturnya.

Diketahui, pada arus mudik Rabu 12 April dengan KM. Doloronda yang berlayar menuju kawasan barat, itu dengan mengangkut 1.846 penumpang. Dan jumlah penumpang yang turun di Ambon, tercatat sebanyak 1.942 orang.
Dan untuk tahun 2023 ini, tercatat ada 18 kapal yang mampir di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, yakni 11 kapal milik Pelni dan tujuh kapal Perintis,tutup Assagaf.

Tinggalkan Balasan

GM TV