oleh

Jelang Lebaran Arus Mudik Di Pelabuhan Yos Sudarso Naik 70 Persen

-Berita-240 views

GlobalMaluku.ID,AMBON-Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku, kembali dipadati calon penumpang ke Arah Timur menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Operasional PT.Pelni Cabang Ambon,Muhammad Assegaf mengatakan,saat ini arus mudik mulai terlihat ya!” ke Arah timur sedangkan yang kemarin itu Puncaknya ke arah Barat Ambon, Sabtu 15/4/2023.

Menurutnya, hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas berangkat dan kedatangan oleh penumpang kapal di pelabuhan tersebut,ujarnya.

Dikatakan,khususnya pada kapal tujuan wilayah Indonesia bagian timur seperti KM. Nggapulu tiba sandar di Pelabuhan Yosudarso.

Lebih lanjut Assagaf katakan,Puncak mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau lebaran 2023 melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, PT. Pelni Cabang Ambon mencatat jumlah penumpang kapal melonjak 70 persen,jelasnya.

Pada hari Sabtu (15/4/2023) misalnya, ribuan pemudik terpantau padati Pelabuhan Yos Sudardo Ambon, menyusul salah satu armada milik PT. Pelni (Persero), KM. Nggapulu tiba sandar.

Dirinya juga katakan,KM. Nggapulu angkut 1.475 orang penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok-Surabaya-Makassar-Bau-Bau tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon sekitar pukul 17.00 WIT.
Dari jumlah itu, 922 penumpang turun di Pelabuhan Ambon, sedangkan 553 penumpang lanjutan.

Sementara penumpang yang naik dari Pelabuhan Ambon tujuan Banda-Tual-Dobo-Fak-Fak-Kaimana tercatat sebanyak 1.450 orang.
Pantauan di Lapangan, KM. Nggapulu bertolak dari Pelabuhan Ambon pukul 22.00 WIT,ucap Assagaf.

Dikatakan, penumpang kapal PT. Pelni (Persero) yang mudik lebaran tahun ini melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon alami kenaikan 70 persen.“Sekarang ini sekitar 70 persen,”ungkapnya.

Assagaf juga menambahkan,Puncak mudik sudah berlangsung sejak 12 dan 13 April beberapa hari lalu.
“Puncak arus mudik itu kemarin di tanggal 13 dan 14 (April) dan (hari ini) puncak (mudik) ke (arah) timur,paparnya.

Diketahui, pada arus mudik Rabu 12 April dengan KM. Doloronda yang berlayar menuju kawasan barat, dengan mengangkut 1.846 penumpang. Dan jumlah penumpang yang turun di Ambon, tercatat sebanyak 1.942 orang.
Dan untuk tahun 2023 ini, tercatat ada 18 kapal yang mampir di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, yakni 11 kapal milik Pelni dan tujuh kapal Perintis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV