Sejumlah Negeri Belum Miliki Raja Di Kota Ambon,Wattimena Kita Dorong Harus Ada Raja

Berita252 views

GlobalMaluku.ID,AMBON-Janji Pemerintah Kota Ambon untuk menyelesaikan Negeri-negeri yang belum memiliki Raja definitif hingga Desember 2022 lalu, tidak terealisasi.

Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengatakan ,hingga kini, ada beberapa Negeri, seperti diantaranya Negeri Seilale, Naku, Rumah Tiga, Batu Merah, Passo dan beberapa Negeri lainnya, belum juga memiliki Raja definitif,ungkapnya kepada Wartawan, di Balai Kota, Jumat (28/4/2023).

Ia mengakui, bahwa banyak persoalan Raja yang dilaporkan ke Pemerintah Kota, dan persoalan ini lanjutnya, yang akan terus ada di kota ini, sepanjang Negeri-negeri ini belum juga dipimpin Raja definitif.
“Oleh karena itu, Pemkot terus mendorong masyarakat adat, untuk bersepakat lalu segera kita menetapkan Raja defenitif. Ini tang tersisa ini, semua rata-rata persoalan internal soal Mata Rumah,”ujar Wattimena.

Maka dengan itu, persoalan ini yang menjadi kendala dan kesulitan bagi Pemerintah Kota.

Karena jika tidak ada yang berniat untuk menyelesaikan secara internal, sambungnya, maka Pemkot sendiri diperhadapkan dengan suatu keputusan yang jika diambil, pasti ada yang terima dan tidak. Tetapi disatu sisi, pemerintah harus ambil keputusan.

Nantinya, itu sebagai jalan untuk jalur hukum untuk memperoleh kebenaran. Itu tujuan pemerintah,beber Wattimena.

“Kami tidak punya kepentingan si A, si B atau si C, jadi Raja yang penting Saniri sepakat, usul langsung, lalu kita lantik,”tukasnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV