Lulusan terbanyak Dalam Sejarah ,Unpatti Ambon Mewisudakan 2577 Orang

Berita503 views

GlobalMaluku.ID,AMBON-Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof. Dr. M Sapteno

mewisuda 2.577 sarjana yang terdiri dari,lulusan Sarjana 1.403 lulusan, 45 lulusan profesi Dokter, 975 lulusan profesi Guru, 150 lulusan Magister, dan 4 lulusan Doktor Universitas Pattimura. dalam rapat senat terbuka luar biasa Unpatti.

Dari lulusan itu, terdapat 93 Mahasiswa dengan predikat cumlaude.” kata Sapteno di Ambon, Rabu (3/5/2023) .

Dikatakanya,Lulusan terbanyak dalam sejarah perwisudawan Unpatti ini, digelar dalam rapat terbuka luar biasa senat Universitas Pattimura dalam rangka dies natalis ke 60 tahun Unpatti dan wisuda Sarjana, Profesi, Magister, Dokter, Doktor dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Aru dan MBD) periode
Mei 2023, dibuka oleh Ketua Senat. Prof. Dr. S E M Nurahua, yang berlangsung diAudiotorium Unpatti.

Ribuan lulusan ini diwisudakan berdasarkan SK Rektor Universitas Pattimura Nomor 912/UN13/SK/2023, yang terdiri dari, lulusan Sarjana 1.403 lulusan, 45 lulusan profesi Dokter, 975 lulusan profesi Guru, 150 lulusan Magister, dan 4 lulusan Doktor Universitas Pattimura.

Dengan rincian, pasca sarjana 154, Hukum 167, ISIP 201, ekonomi 234, KIP Reguler 1.355, Pertanian 70, Perikanan 75, Teknik 118, MIPA 44, Kedokteran 79, PSDKU Aru 31, PSDKU MBD 49.

Sapteno mengatakan, ini suatu kebanggaan yang luar biasa, karena selama hampir delapan tahun, dirinya memimpin lembaga ini, banyak pihak
telah membantu dengan para pimpinan yang lain, sehingga lembaga ini semakin hari semakin maju dalam
berbagai bidang.

“Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada ketua dan sekretaris senat
periode serta anggota senat 2016-2019 dan periode 2019 -2023,
yang telah memberikan pikiran dan tenaga demi kemajuan
lembaga ini.

Juga kepada seluruh dekan para wakil dekan, ketua jurusan dan ketua program studi serta semua dosen dan tenagakependidikan termasuk para mahasiswa yang telah bersama -sama melaksanakan
tugas dan tanggungjawab ini,”tuturnya.

Menjelang akhir masa jabatannya pada 25 November, dimana proses pemilihan Rektor periode 2023-2027 sementara dilakukan, dirinya meminta agar semua pihak bersama menopang panitia sehingga proses ini boleh berlangsung dan menghasilkan Rektor yang akan melanjutkan tugas- tugas ini ke depan, dengan baik.

Dia juga berpesan, agar selalu kembangkan hubungan kerjasama, baik dalam maupun luar negeri secara baik dan berkelanjutan, sehinggaterjadi tranfer ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berlangsung dengan baik.

Dan terus tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia(SDM)dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswna secara teratur,terukur dan berkelanjutan, semua melestarikan eksistensiunpatti sebagai lembaga ilmiah, yang berguna bagi proses masyarakat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu, Ketua Senat dalam sambutannya menuturkan, menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan keluarga, baik pada kampus utama maupun Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Aru dan Maluku Barat Daya (MBD).

“Ini momen sebagai tanda dimulainya perjuangan panjang.

Untuk itu, lakukan yang harus dilakukan, dan hindari apa yang harus anda hindari, dan lerhatikan apa yang terjadi, karena semua berawal dari sebuah keputusan, maka ambillah keputusan yang terbaik,”ujarnya.

Tidak lupa, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten Kepulauan Aru dan juga MBD atas dukungannya.

Ditambahkan, bahwa sejak tahun 1963 Unpatti tumbuh dengan moto Hotu Mese, tumbuh dalam tantangan dan Unpatti terus berbenah ahar dapat menjadi institusi oensisikan tinggi yang dikenal dan dirasakan keberadaannya secara nasional dan internasional.

Ia juga mengakui ,bahwa hingga saat ini, Unpatti telah banyak mengembangkan berbagai pemikiran strategis dan karya yang besar dalam pembangunan bangsa.

“Oleh karena itu, kita harus optimis, Unpatti akan mampuh mewujudkan visinya, asalkan kita tetap berkomitmen dan taat asas.

Saat ini, Unpatti telah berusia 60 tahun, usia yang menunjukan kematangan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Dan pelaksanaan dies natalis kali ini, merupakan dies natalis yang terakhir dalam kepemimpinan Prof. Dr. M Sapteno selaku Rektor Universitas Pattimira periode 2019-2023. Oleh karena itu, atas nama Senat dan civitas akademika Unpatti dan seluruhnya menyampaikan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

GM TV