oleh

Gubernur Maluku Hadiri HUT Pattimura Yang Ke 206 Tahun,Terus Berjuang Untuk Maluku Tercinta

-Berita-341 views

GlobalMaluku.ID,AMBON-Peringati Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-206 Tahun 2023 di Provinsi Maluku, maka digelar Upacara Kehormatan, yang berpusat di Pattimura Park Ambon, pada Senin (15/5/2023).

Bertindak selaku Pemimpin Upacara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen. TNI Ruruh A. Setyawibawa, dan Komandan Upacara atau Kapitan Upacara Letkol. Inf. Rudolf G. Paulus Komendan Kodim (Dandim)1513 SBB.

Hadir sebagai peserta upacara Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail, Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Sekretaris Daerah Maluku, Penjabat Walikota Ambon serta Forkopimda, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kota Ambon, Organisasi Wanita, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Latupati dan Raja-Raja se-Kota Ambon, beserta unsur lainnya.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Pangdam, disampaikan bahwa, spirit perjuangan Pattimura, yang tidak tunduk dan menyerah kepada kolonialisme Belanda, walau tantangan datang silih berganti, namun bermodalkan parang salawaku dan bambu runcing, didorong oleh semangat serta gelora perjuangan yang membara, Pattimura dan rekan-rekan seperjuangannya terus maju pantang mundur.

“Hal ini menunjukan pada kita semua bahwa semangat juang dan patriotismne adalah kekuatan yang membawa kemenangan, nilai-nilai perjuangan inilah yang patut terus dikobarkan dan digelorakan khsusunya pada kaum muda sebagai generasi penerus bangsa, Pattimura-Pattimura muda harus bangkit dan terus berjuang untuk negeri Maluku tercinta dan untuk Indonesia Raya.” Tegasnya.

Dirinya juga menyampaikan, tantangan dan ancaman yang dihadapi Pattimura-Pattimura masa kini adalah era revolusi industri 4.0, dimana dunia semakin kompetitif diberbagai bidang, perjuangan saat ini tidak lagi perjuangan fisik melainkan perjuangan yang mengandalkan otak dan karakter.

“Untuk itu kita perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan penguasaaan teknologi serta ilmu pengetahuan. Khusus kepada generasi muda saya harapkan untuk terus mengembangkan potensi diri dan hasilkan inovasi sesuai bidang dan talenta masing-masing.” Ujarnya.

Ia juga menyampaikan, Tema Perayaan Hari Pattimura “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu, untuk Indonesiaku” artinya dengan meneladani para pahlawan maka kita semua mempunyai tanggungjawab yang sama untuk membangun bangsa dan negara.

“Tokoh internasional John F Kennedy pernah berkata jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tetapi tanyakan apa yang kamu tanyakan kepada negara. Kutipan ini hendak menegaskan komitmen dan tekad untuk memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia. Saya berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang terus merawat dan menggelorakan api Pattimura, kiranya perayaan HUT Pattimura ini menyemangati kita untuk terus berbakti dan berkarya demi kemajuan Maluku dan Indonesia.” Tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV