Miris, As’addudin Hina Rakyat SBB ,Dengan Bantuan Yang Di Berikan, Beras 5 Kg Dan 1 Kaleng Susu Serta 2 Karton Mie Instan, Program Jokowi Di Kebiri

Berita775 views

GlobalMaluku.ID,PIRU-Warga di kecamatan Huamual ,kabupaten Seram Bagian Barat(SBB) menangis saat menerima sejumlah bantuan dari PJ Bupati kabupaten SBB As’addudin.

“Kesedihan bercampur emosi saat PJ Bupati SBB, menyerahkan bantuan kepada warga Huamual yang terkena bencana banjir sejak 13 Mei 2023 yang lalu.

Untuk di ketahui, pada 13 Mei 2023 wilayah Huamual di guyur hujan yang begitu keras dan cukup bertahan hingga berhari hari, akibat dari itu membuat sejumlah daerah di Landa banjir, seperti di dusun Nasiri desa Luhu, dusun Ketapang desa Lokki, desa Lokki sendiri, dusun Olas, dusun Tanah goyang dan dusun siaputi, dan di beberapa dusun tersebut mengalami musibah dengan jenis yang berbeda beda.

Ada yang rumahnya tergenang air, ada yang rumahnya terjadi longsoran bahkan ada yang sampai rumahnya roboh dan hanyut di bawah air.

Menanggapi bencana tersebut PJ Bupati SBB langsung terjun ke lapangan usai menerima SK perpanjang masa jabatanya selaku PJ Bupati kabupaten SBB periode ke ll .

PJ Bupati lewat dinas sosial menyebarkan undangan kepada sejumlah warga yang terkenal musiba banjir untuk memberikan sejumlah bantuan, dan pertemuan itu di adakan di kantor balai saniri desa Lokki kecamatan Huamual pada Kamis( 25/ 5/ 2023).

Turut hadir dalam acara itu, kepala Inspektorat kabupaten SBB Abdulah Fakaubun, kadis PU Nasir suriwaly, kepala Kesbanpolinmas Sahban Patty, kepala dinas Bencana Alam(BNPB) Tomas Watimena, dan kepala dinas Sosial Yosep Sapasuru.

Dalam pertemuan itu PJ Bupati lewat sambutanya mengatakan,bila ada bencana janganlah memberikan beban sepenuhnya kepada pemerinta daerah, karena yang lebih bertanggungjawab terkait bencana seperti begini, harusnya mereka para kepala desa atau Penjabat kepala desa, karena ada anggaranya di desa.”Menanggapi sambutan tersebut ,salah satu peserta yang hadir jadi geram saat mendengarkan apa yang telah di sampaikan oleh Pj Bupati SBB.

“Usai menyampaikan sambutan ,PJ Bupati langsung menyerahkan bantuan kepada para penerima bantuan, sebelumnya kadis sosial menyebutkan, jenis bantuan yang akan di terima berupa, beras, kacang hijau, telur, sarimi, susu, dan makanan kaleng.

“Tetapi saat PJ Bupati menyerahkan bantuan tersebut kepada masyarakat penerima bantuan ternyata, Sarimi(Mie Instan) 2 karton, Beras 5 kg, dan makanan kaleng, sementara susu, kacang hijau, telur, tidak ada

“Salah seorang warga penerima bantuan mengaku kecewa, kami sangat kecewa sekali pak wartawan, kalau kami tau seperti ini, kami tidak akan datang. “Rumah kami itu, kami bangun dengan dana sendiri, dan biayanya cukup besar, kami tidak pernah meminta kepada pemerintah untuk membantu kami, jadi jangan perlakukan kami seperti begini, ucap sumber yang tak mau namanya di sebut, kepada awak media Via telwpon selulernya, Jumat (26/5/2023).

Dirinya mengatakan,bayangkan kami datang dari jauh, ongkos ojek pulang pergi Rp. 300 .000 ,ada juga yang Rp .500. 000 padahal bantuan yang kami terima dari PJ Bupati masa cuma itu saja,lebih besar ongkos kami pak, dari pada bantuan yang di berikan kepada kami, tambah sumber.

Saya telepon ini, saya menangis bukan karena saya sedih, tetapi saya merasa sakit hati sekali, ternyata kami rakyat kecil ini cuma di hargai dengan 2 karton sarimi sama 1 kaleng susu.

“Saya kemaring itu saat kena musibah,saya sudah tidak punya apa apalagi untuk hadiri undangan di balai saniri di Desa Lokki itu saja saya pinjam uang buat ongkos, yang lebih sakit lagi saat saya dengar sambutan PJ Bupati kalau jangan terlalu membebani Pemda.

Pak PJ Bupati seakan tidak menghargai sekali kami rakyat kecil di bawa, ucap sumber sambil menangis.

Ia juga mengakui ,yang paling membuat kami sedih pak, kami datang dari jauh, dari rumah kami belum sarapan pagi, saat selesai penyerahan bantuan, kami mendengarkan MC mengumumkan, di persilahkan kepada bapak-ibu untuk menikmati apa yang telah di sediakan, saya sendiri bersyukur ternyata apa yang mau kita nikmati tidak ada sama sekali, sampai dengan acara bubar kami langsung pulang dengan kondisi lapar, tutup sumber.

Tinggalkan Balasan

GM TV