oleh

Gelar Aksi Bersih Pantai Galala dan Rumah Tiga Dalam Memperingati HLH ,Ina Harapan Syauta

-Berita-195 views

GlobalMaluku.ID,AMBON-Dinas Lingkungan Provisi Maluku, melakukan aksi bersih pantai ,pantai Desa Galala dan pesisir pantai Desa Rumah Tiga, Kota Ambon,Provinsi Maluku dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Provinsi Maluku pada 5 Juni 2023

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Roy Syauta mengatakan Dalam rangka Memperingati HLH sedunia Pihaknya berkolaborasi dengan, Kodam XVI/Pattimura, Mitra Kerja/Pelaku Usaha, Kelompok Peduli Sungai dan Masyarakat dengan Jumlah kurang lebih 330 peserta.

Lanjutnya ,polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada keberlangsungan ekosistem lingkungan termasuk makluk hidup di seluruh dunia. Diproyeksikan oleh UNEP bahwa pada Tahun 2040 akan terdapat 29 juta ton plastik yang masuk ke perairan dan mencemari ekosistem perairan,ucap Syauta.

“Diketahui bersama, laju penggunaan plastik dalam aktivitas sehari-hari terus terjadi sehingga menghasilkan sampah plastik yang terbuang ke lingkungan terus meningkat dan apabila tidak terkelola dengan bijak akan menjadi ancaman besar bagi lingkungan hidup,”katanya,”kepada Awak media Sabtu (10/6/2023 )

Menurut Syauta, hal ini dikarenakan plastik termasuk senyawa dengan sifat dan komposisi yang sulit terurai dalam waktu singkat, sehingga berpeluang besar mencemari lingkungan dalam rentan waktu yang lama. Coastal Clean Up merupakan salah satu upaya Pemerintah, stakeholders terkait dan seluruh masyarakat yang terus dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah plastik yang terbuang ke lingkungan pesisir.

“Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan salah satu kebijakan strategis pemerintah yakni melakukan pengurangan penumpukan sampah dari sumber sebesar 30% dan penanganan tumpukan sampah di lingkungan sebesar 70% pada 2025,”ujarnya.

” Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Namun di Provinsi Maluku puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2023 dengan tema Solusi untuk Polusi Plastik” dengan mengusung kampanye #beatplasticpollution.

“Senada dengan Tema hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023, Coastal Clean Up merupakan salah satu solusi untuk menekan laju peningkatan polusi plastik di dunia. Dengan demikian melalui momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia, pemerintah berkerjama sama dengan stakaheloders terkait dan masyarakat melakukan kegiatan Coastal Clean Up secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 10 Juni 2023,”jelasnya.

Syauta berharap melalui Kegiatan ini, diharapkan target pemerintah untuk mengurangi dan menangani sampah khususnya sampah plastik dapat terealisasi dengan maksimal.

“Kepada seluruh pihak yang turut berkonstribusi dalam mensukseskan kegiatan ini, Saya atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar- besarnya, semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberikan kelimpahan berkat bagi Bapak/Ibu sekalian,”harapnya.

Sebelum mengakhiri Syauta juga mengajak semua pihak untuk terus melakukan aksi pemulihan lingkungan dari polusi sampah plastik. Tidak hanya melalui aksi bersih-bersih pesisir yang akan dilakukan disaat ini, tetapi dalam setiap aksi nyata di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Marilah kita terus menjadi duta-duta lingkungan dimana pun kita berada dan terus mengedukasikan diri sendiri, keluarga maupun sesama masyarakat bahwa sampah plastik adalah ancaman yang dapat menjadi bencana ketika tidak segera dikelola dengan baik.

Ketahuilah bahwa apa yang kita kerjakan hari ini menentukan masa depan anak cucu kita dikemudian hari,”tutupnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV