UKIM Ambon Gelar PKM Di SMP PGRI Wassu

Berita395 views

GlobalMaluku.ID,WASSU-Sebagai salah satu Lembaga pendidikan tinggi di Maluku ,Universitas Kristen Indonesia Maluku(UKIM)lewat lembaga pengabdiannya menjalankan salah satu program kerjanya yakni pengabdian Kepada Masyarakat(PKM).

Kali ini lembaga tersebut memilih Negeri Wassu Kabupaten Maluku Tengah(Malteng) sebagai sasaran PKM.Dalam PKM tersebut tim PKM UKIM di ketua oleh Pdt.Drs.David Marthen Salakory,S.Th.M.,Si .”Selain itu juga dalam PKM di Negeri Wassu ini juga melibatkan kawan-kawannya ,dalam upaya memberikan sosialisasi kepada para siswa SMP PGRI Wassu tentang literasi Digital lebih di khususkan pada penggunaan gedged.

Terkait hal tersebut, Salakory kepada media ini,Kamis(15/6/2023)mengatakan,penggunaan gadget yang tanpa batas inilah yang sering menimbulkan masalah di kalangan remaja atau siswa SMP.Fitur-fitur atau situs-situs yang mungkin hanya bisa dilihat oleh orang dewasa ,tetapi jika tidak ada pengawasan dari orang tua maka anak-anak pun ,bisa membuka dan melihat tontonan yang tidak semestinya harus dikomsumsi oleh anak-anak.

Dikatakan, banyak kasus yang terjadi ,pelajar berbuat hal-hal tidak senonoh akibat kecanduan pornografi melalu gabged .Jadi bukan postinga di media sosial juga,akan tetapi di Facebook,Instagram,atau whatsaap dan lain-lain, sehingga sering mengundang perhatian banya orang, bahkan menjadi masalah karena apapun mereka akan menuliskan dan memposting tanpa disadari akan berkunjung ke ranah hukum,ungkap Salakory.

Dan hal ini pun ,mereka bisa memposting hal-hal yang mencemarkan nama baik seseorang ,memfitna, ujaran kebencian,dan juga memposting informasi yang tidak jelas atau hoaks.

Salakory juga menjelaskan ,sasaran dari kegiatan atau penyuluhan PKM bagi remaja,khususnya siswa SMP karena berdasarkan survey.”Banyak anak remaja yang menggunakan gadget .Hal ini di keluhkan oleh para orang tua dan guru,bahwa anak-anak remaja banyak menghabiskan waktu mereka dengan gadged.”Komunikasi atau interaksi tatap muka sudah jarang sekali dilakukan.Mereka lebih banyak berinteraksi jarak jauh yaitu menggunakan gadged lewat aplikasi Whatsaap(WA)ataupun IG,tuturnya.

Dengan demikian tujuan dari PKM ini ,khususnya bagi siswa SMP PGRI Wassu,kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Malteng,adalah untuk meliterasi digital bagi siswa tentang penggunaan gadged.

Ia juga menambahkan, hal ini juga bisa menjelaskan dampak positif dan negatif penggunaan gadged bagi siswa ,serta menjelaskan dampak penggunaan gadged secara Psikologi bagi siswa,tutupnya.

PKM merupakan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan tinggi yang di laksanakan oleh dosen dan Mahasiswa .Demi menindak lanjuti kewajiban Tri Dharma pada perguruan tinggi kepada masyarakat maka tim PKM UKIM Ambon melaksanakan PKM di SMP PGRI Wassu,Kabupaten Maluku Tengah,(15/6/2023).

Adapun tujuan Pelaksanaan PKM untuk meningkatkan pengetahuan para guru dan murid SMP bersama orang tua dan anggota Masyarakat lainnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV