oleh

Mengenal Sosok AKBP Dennie Andreas Dharmawan Kapolres SBB Dalam Usianya Yang Ke-45 Tahun

-Berita-901 views

GlobalMaluku.ID,PIRU-Tak disangka kini Polisi perangkul masyarakat,di Kabupaten Seram Bagian Barat.”Bukan saja itu , AKBP Dennie sangat di kenal di kalangan para mantan napi, terlebih khusus untuk mantan narapidana teroris (Napiter) di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), bahkan Maluku pada umumnya.

“Kini beliau telah memasuki usia 45 Tahun. Usai yang sudah dibilang cukup matang. Sebagian umur telah dia lewati dengan berbuat kebaikan bagi masyarakat, terlebih bagi masyarakat SBB.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dennie Andreas Dharmawan, Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK). Itulah namanya yang lengkap.
Pria kelahiran Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, 16 Juli 1978, ini merupakan lulusan Akademik Kepolisian (Akpol) Tahun 2001, lebih dikenal dengan sebutan Bang Dennie, Mas Dennie atau pak Dennie. Nama dan tingkah lakunya sangat familiar bagi masyarakat Seram Bagian Barat. Dia sudah banyak berbuat, dan itu diwujudkan melalui Merajut Harmoni Dalam Kebersamaan.”Padahal perjumpaannya dengan masyarakat dibumi Saka Mese Nusa, hanya baru sekitar 1 tahun 5 bulan 18 hari.

“Namun gayanya yang kalem dan HAMBEL membuat masyarakat kian dekat, terlebih lagi mantan napi teroris . Para mantan napi teroris menganggapnya seperti keluarga mereka. Padahal Bang Dennie, bukanlah seorang Polisi biasa. Sebab sudah banyak ia lewati sepanjang pengabdiannya di Institusi Polri.

“Mulai dari 2001 ketika sukses menamatkan pendidikannya di Akademik Kepolisian, dengan pangkat IPDA. Saat berpangkat tersebut ia ditempatkan di Polda Bengkulu, pada tanggal 17 Juli 2002. Di Polda itulah perjalanan sebagai seorang insan bhayangkara dimulai. Ia ditempatkan sebagai Wadanki PDR I Sat Brimob Polda Bengkulu, sejak 17 Juli 2002 dan 29 Maret 2006. Kemudian menjabat sebagai Danki PDR Sat Brimob Polda Bengkulu, hingga 7 Desember 2006, dan Pama Satuan Brimob Polda Bengkulu, untuk ikut Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian( PTIK). Usai sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian(PTIK) kemudian masuk di Polda Lampung, pada tahun 2009. Hanya sebulan, Bang Dennie, kemudian ditugaskan untuk memimpin Polsek Terbanggi Besar, Polres Lampung Tengah, hingga 15 Juli 2009. Jabatan tersebut hanya setahun sebab Bang Dennie dipromosikan menjadi Kasat Sabhra Polres Lampung Tengah, hingga 23 September 2010. Hanya 5 bulan menjabat Bang Dennie mendapat promosi untuk menempati jabatan Kasat Sabhara Polresta Lampung. Jabatan tersebut juga diduduki dengan waktu 5 bulan kemudian digeser ke Polres Tulang Bawang Polda Lampung, dengan jabatan Kapolsek Banjar Agung. Jabatan tersebut juga hanya bertahan sekitar satu tahun, kemudian dilantik sebagai Kabag Operasi Polres Tulang Bawang. Lagi-lagi jabatan Kabag Operasi hanya sekitar 3 bulan kemudian digeser ke Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Lampung sebagai Kakorsis.
Jabatan kali ini agak cukup lama hampir dua tahun, kemudian digeser ke Biro Operasi Polda Lampung. Tak lama di Biro Operasi pak Dennie, kemudian dilantik menjadi Ps Kasubdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Lampung. Pengabdiannya di Polda Lampung, kemudian berakhir sekira 8 Januari 2019, untuk mengikuti pendidikan lanjutan di Sespimen Lemdiklat Polri.
Usai menamatkan Sekolah Sespimen, disitulah pak Dennie, melanjutkan karirnya di Polda Maluku sebagai Perwira menengah (Pamen). Hanya beberapa bulan dia kemudian naik menjadi Koorspripim Kapolda Maluku. Tidak lama disitu, pak Dennie akhir diangkat menjadi Kapolres Seram Bagian Barat (SBB) pada tanggal 24 Januari 2022.

Ketika menginjakan kakinya di Bumi Saka Mese Nusa, AKBP Dennie langsung tancap untuk melaksanakan perjumpaan dengan masyarakat. Perjumpaan itu bukan hanya dikantor melainkan hingga dilingkungan masyarakat. Harmoni Dalam Kebersamaan juga telah ditunjukan lewat berbagai kegiatan keagamaan. Mulai dari SBB Bersyalawat, Whith Crismats, hingga SBB Bermazmur dan Tabliq Akbar. Disamping kegiatan rutin berupa perjumpaan di gereja maupun diseluruh masjid yang ada di SBB, akibatnya kondisi keamanan diwilayah SBB semakin aman dan nyaman.

Tak hanya itu hampir seluruh pemukiman warga di SBB telah ia datangi, termasuk pemukiman warga di pedalaman pulau seram, semisal desa Rambatu hingga Manusa.

AKBP Dennie Andreas Dharmawan, merupakan lulusan Sekolah Dasar Ngantru IV, Tahun 1991. SMP Negeri 1 Trenggalek 1994. SMA Negeri 1 Trenggalek 1997. AKPOL 2001. PTIK 2009. Sespimen 2020.
Pendidikan pengembang dan pelatihan Dikbangpes Pelopor ditahun 2004.

Pangkat. IPDA. Tanggal 17 Juli 2002. IPTU 1 Januari 2005. AKP. 1 Januari 2008. Kompol 1 Januari 2013, dan AKBP 1 Januari 2021.

Ia juga mendapatkan Tanda Penghormatan, Satyalencana Dharma Nusa tahun 2004.

Selamat Ulang Tahun, bapak Kapolres SBB, sosok Polisi Perangkul Masyarakat,yang ke-45 Tahun.
Semoga Panjang Umur, Sehat, Sukses, dan selalu dalam Lindungan maupun diberkati selalu oleh Yang Maha Kuasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV