Semarakkan HUT RI KE-78, Pemprov Maluku Bagikan 5.275 Bendera Merah Putih

Berita330 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Menyemarakkan HUT RI ke-78 Tahun 2023 di Provinsi Maluku, maka digelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih Tingkat Provinsi Maluku, yang berpusat di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (1/8/2023)

Hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE. M.Si, IPU, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Maluku Brigjen. TNI. Anto Irianto Popang, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Daerah Maluku Prof. Jhon Ruhulessin, Para Staf Ahli Gubernur dan Asisten Sekda Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, Perwakilan Kepala Pemerintahan Se-Kota Ambon, Pengurus Paguyuban dari 16 etnis, Pimpinan Ormas/OKP, dan unsur lainnya.

Dalam Laporan yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daniel E. Indey, S.Ssos, M.Si, dapat diketahui tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme setiap Warga Negara Republik Indonesia, dan untuk menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 dengan Tema : Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

“Kegiatan pengumpulan Bendera Merah Putih dimulai dari tanggal 17 Juli 2023, dengan melibatkan partisipasi OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Lembaga/Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Swasta.” Ungkapnya.

Indey menyampaikan, bendera yang terkumpul sampai hari ini sebanyak 5.275 lembar dari target 5.000 lembar bendera, dengan rincian : 4.000 lembar dari OPD lingkup Pemda Maluku dan 1.275 dari Instansi Vertikal/BUMN/BUMD dan Swasta.

“Bendera ini akan didistribusikan dengan cara membagikan kepada perwakilan pemerintah Negeri/Desa/Kelurahan yang hadir pada kegiatan itu, pembagian langsung kepada desa-desa yang ada di wilayah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, serta membagikan langsung kepada masyarakat “Sidak Merah Putih” ke rumah-rumah penduduk yang belum memiliki bendera.” Jelas Indey.

Di tempat yang sama, Sekda dalam sambutannya menyampaikan Pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan Program Nasional dalam rangka menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia dan Tahapan Pelaksanan Pemilu Serentak tahun 2024, yang telah dimulai dan mengantisipasi adanya gesekan-gesekan yang dapat mengancam persatuam dan kesatuan bangsa, sekaligus untuk menggugah rasa patriotism dan meningkatkan semangat nasionalisme.

“Gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa Bendera Merah Putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan Kemerdekaan ini akan berkibar di seluruh Wilayah Kesatuan Republik Indonesia.” Jelas Sadali.

Sekda, atas nama Pemerintah Daerah Maluku, juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada OPD, instansi vertikal dan pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam pengumpulan Bendera Merah Putih, yang selanjutnya akan diserahkan secara simbolis kepada Perwakilan Paguyuban, Ormas dan pihak swasta serta perwakilan kepala Pemerintahan Desa/Kelurahan yang ada di dalam Wilayah Kota Ambon.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mendistribusikan bendera tersebut kepada masyarakat untuk selanjutnya dikibarkan di rumah masing-masing mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2023. Jayalah Terus Indonesia. Merdeka” Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih kepada perwakilan penerima, dan pembagian kepada pengguna jalan di depan Gong Perdamaian Kota Ambon.

Tinggalkan Balasan

GM TV