oleh

Mahfud MD Terima Gelar Adat Dari Majelis Latupati Kota Ambon

-Berita-225 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD akan menerima gelar kehormatan adat dari Majelis Latupati Kota Ambon, usai menjadi keynote speaker dalam diskusi peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023, yang diselenggarakan Majelis Latupati Kota Ambon.

Gelar yang diterima adalah Ane Elake Imi, Kerike Mimise Kai Kele Kuru, Kai Aramauke Tamata Bokala Mei Maluku.
Arti gelar tersebut adalah pemimpin besar jujur dan berani, pelindung masyarakat Maluku.

Menurut Ketua Majelis Latupati Kota Ambon, Reza Valdo Maspaitella yang juga Upu Latu Negeri Rutong, alasan pemberian gelar ini kepada Mahfud MD, karena dirinya sebagai tokoh nasional yang secara konsisten menunjukan karakter dan kepribadian yang memiliki nilai integritas dan kejujuran serta berani, yang merupakan salah satu nilai kekuatan orang Maluku pada masa lalu, yang terlihat dari bagaimana pahlawan dan tokoh-tokoh perintis kemerdekaan asal maluku itu terkenal dgn nilai-nilai kepribadian dan karakter mereka yang saat ini telah terdegradasi di masa modern ini.

“Untuk itu kita hargai Pak Mahfud dengan pemberian gelar ini. Karena merupakan salah satu nilai karakter orang Maluku. Diharapkan dengan memperingati sumpah pemuda ini, dimana orang Maluku terlibat didalamnya, maka kita ingin mengingatkan kembali nilai-nilai karakter ini untuk kembali diingatkan dan dikembalikan kepada setiap generasi Muda di negeri-negeri adat,”jelasnya kepada media ini Sabtu (28/10/2023).

Maspaitella berharap, dengan pemberian gelar ini, beliau bisa menjadi pelindung bagi Masyarakat adat Maluku didalam menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter pribadi Maluku yang terbentuk dari prinsip-prinsip hidup masyarakat adat yang harus terus dijaga dan rawat.

Penyerahan gelar adat akan diberikan di Kantor Latupati Maluku dan ditandai dengan pakaian Maluku, penyerahan tongkat kepemimpinan dan sertifikat penganugerahan gelar kehormatan adat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV