Luar biasa Negeri Rutong Berhasil Dapat Destinasi Desa Digital Pertama Di Indonesia

Berita332 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, berhasil mendapat penghargaan Destinasi Desa Digital pertama di Indonesia, dalam Anugerah Pesona Indonesia Award tahun 2023, yang digelar di Plaza Presisi Kota Ambon, Rabu (01/11/2023).

Menurut Chairman of Anugerah Pesona Indonesia, Hiro Kristianto Sianturi, keberhasilan Negeri Rutong meraih API award Destinasi Desa Digital pertama di Indonesia, dikarenakan Negeri Rutong telah memenuhi 3 kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi destinasi desa digital, yaitu punya wadah untuk berinteraksi dengan audiens.

“Negeri Rutong punya wadah berinteraksi dengan audiens melalui Instagram dan website Rutong.id,”jelas Hiro kepada media ini, Kamis (02/11/2023).

Kriteria kedua yang sudah dimiliki Negeri Rutong, mempunyai platform untuk bertransaksi secara digital yaitu melalui Rutong.id

Dan yang ketiga, Negeri Rutong sudah memiliki pengakuan secara digital .Terbukti dengan telah memenangkan kampung adat terbaik versi API Award 2022.

“Jadi Negeri rutong telah memenuhi 3 kriteria yaitu digital interaction, digital transaction dan digital recognition,” ungkapnya.

Hiro katakan, sejak Negeri Rutong menang pertama kali di API Award 2022, telah terjadi perubahan yang sangat besar di negeri tersebut, dan kemudian mendapatkan penghargaan-penghargaan berikutnya.

Namun Hiro mengingatkan, penghargaan yang didapatkan bukan sekedar seremonial saja, tapi API akan terus mengawasi perkembangan Negeri Rutong. Karena bukan sekedar Desa Digital tapi Destinasi Digital.
“Ini lebih advance atau lebih hebat lagi,”ujarnya.

Dibalik kemajuan dan keberhasilan Negeri Rutong, Hiro mengingatkan agar bermanfaat bagi negeri-negeri atau desa-desa lain di sekitarnya. Hal ini untuk menghindari kecemburuan.

“Saya selalu bilang, Negeri Rutong harus seperti Bali. Jadilah gula yang bermanfaat untuk desa-desa sekitarnya. Jadi kalau orang datang ke Bali bisa jalan-jalan satu dua hari ke Lombok. Jadi gulanya ada di Rutong, tapi jadi bermanfaat untuk desa-desa lain juga di sekitarnya. Orang berkunjung ke Rutong, mereka juga akan ke desa-desa lain sehingga desa-desa lain juga mendapatkan manfaatnya,”terangnya.

Tinggalkan Balasan

GM TV