PROVINSI MALUKU RAIH JUARA UMUM ANUGERAH PESONA INDONESIA 2023

Berita494 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Anugerah Pesona Indonesia Awards ke-8 Tahun 2023, resmi ditutup secara meriah, pada Senin (01/11/2023), berpusat di Gedung Presisi Polda Maluku, Tantui – Ambon.

Malam puncak API 2023 ini dihadiri oleh Kementerian Desa Pembangunana Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Dalam Negeri, Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Istri, serta Pimpinan Daerah dari beberapa Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.


Murad pada kesempatan itu menyambut gembira serta memberikan apresiasi kepada kemenparekraf yang telah menunjuk Kota Ambon sebagai tempat penyelenggaraan Malam Puncak API Ke-8 Tahun 2023.

“Pariwisata yang telah berkembang menjadi gaya hidup dan memiliki dampak ganda atau multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan Masyarakat.” Ujarnya,

Ia juga menyampaikan acara ini memberikan penghargaan kepada dunia pariwisata dan ekonomi kreatif yang menjadi moto penggerak ekonomi di daerah maupun nasional.

“Kegiatan ini merupakan momen penting bagi dunia pariwisata yang berdampak luas dan menjadi informasi penting bagi wisatawan untuk mendukung berbagai tempat wisata di seluruh Indonesia termasuk di Maluku.” Terang Murad.

Murad juga berharap kementerian dan lembaga terkait serta pihak swasta, dapat mendorong meningkatkan kualitas tempat wisata termasuk desa wisata, pelayanan usaha desa wisata, industry pariwisata dan ekonomi kreatif

“Bagi para pemenenag saya mengucapkan selamat dan terus menjadi yang terbaik dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata.” Tutupnya.

Untuk diketahui keluar sebagai Juara Umum yakni Provinsi Maluku, dengan masuk dalam 12 Nominasi API 2023, dan mendapatkan 5 penghargaan, yakni pada nominasi:
1. Makanan Tradisional diraih oleh Sukong Latuhalat – Kota Ambon
2. Promosi Pariwisata Digital diraih oleh Ngurbloat Smart Tourism – Kabupaten Maluku Tengara
3. Brand Pariwisata diraih oleh The Spice Islands – Provinsi Maluku
4. Ekowisata diraih oleh Mangrove Sanleko – Kabupaten Buru
5. Dataran Tinggi diraih oleh Taman Meditasi Kukmomor Kisar – Kabupaten Maluku Barat Daya

Selain Maluku, parade Juara tahun ini, didominasi oleh monimasi yang berazsal dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan.

Perhelatan ini digelar megah, karena diisi dengan berbagai penampulan Musisi dan penyanyi Indonesia dari berbagai aliran musik yang menunjukan karakter Kota Ambon sebagai City Of Music.

Tinggalkan Balasan

GM TV