oleh

Pj Walikota Ambon Lantik Saniri Negeri Laha, Ini Harapannya

-Berita-195 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena melantik dan meresmikan Badan Permusyawaratan Desa (Saniri Negeri) Laha Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (30/11/2023).

Pelantikan dan peresmian yang berlangsung di Kantor Negeri Laha dihadiri para tokoh agama, unsur Pemerintahan Negeri dan masyarakat setempat.

Pj Walikota Ambon, dalam sambutannya mengatakan, seluruh elemen masyarakat, tokoh agama dan Saniri Negeri Laha patut memanjatkan puji syukur kepada Allah, karena atas tuntunan kasih-Nya kegiatan hari ini bisa terlaksana.

Kata dia “Peresmian ini bertujuan untuk menata Negeri Laha menjadi lebih baik ke depan,” Ujar Bodewin Wattimena.

Dirinya mengatakan, jika terjadi kekosongan Saniri, Raja (Kepala Pemerintahan Desa/Negeri di Maluku) tidak dapat bekerja sendiri. Untuk itu, digelar pelantikan dan peresmian tersebut agar dapat bersama-sama bergandengan tangan dalam menata Negeri.

Wattimena lantas menyampaikan tiga hal penting yang perlu diketahui.
Pertama, Pelantikan Saniri Negeri merupakan titik star untuk membangun sinergitas antara Raja dengan Saniri. Diharapkan, dengan sinergitas dan kerjasama tersebut kualitas penyelanggaraan pemerintahan berjalan baik.

Kemudian”Negeri Laha masih dikatakan baik karena masih ada budaya adat istiadat dan bahasa (daerah) yang dipakai dalam tatanan adat istiadat,” tutur Wattimena .

Kedua, Implementasi dokumen perencanaan Pemerintah Negeri Laha. Untuk hal ini, Wattimena mengingatkan bahwa waktunya tidak sampai sebulan untuk desa-desa menyusun APBD.

Ketiga, Saniri Negeri memiliki tanggung jawab besar yang harus dikoordinasikan dengan Balai Pendidikan Masyarakat Desa (BPMD).

“Kita berharap Kota Ambon menjadi salah satu kabupaten/kota yang bisa mendapat alokasi Dana Desa serempak di akhir tahun,” tuturnya. .

Ia juga meminta, agar semua aparat pemerintah desa dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu, diharapkan anggaran Dana Desa bisa cepat diterima.

Dia pun berharap, semua desa/negeri di Kota Ambon dapat menjadi desa mandiri.

Wattimena berharap Laha menjadi Desa Mandiri di tahun ini, dan itu membuatnya bisa bersaing dengan desa lain,” ucapnya.

Ke empat yang Wattimena sampaikan, dalam acara pelantikan dan peresmian Saniri Laha yakni, Negeri Laha menjadi contoh sinergitas keamanan dan ketertiban sesama orang “basudara” (bersaudara) dalam membangun konsolidasi dengan Raja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV