oleh

Pj Walikota Ambon Melalui Kegiatan Expo Jemaat GPM Poka Tahun 2023 ,Dapat Meningkatkan Kemampuan Pelaku UMKM

GlobalMaluku.ID,Ambon-Kegiatan Expo Jemaat GPM Poka tahun 2023, yang dilakukan oleh Jemaat GPM Poka mendapatkan apresiasi dari Penjabat(PJ)Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Wattimena M.Si, yang dilaksanakan bertempat di Halaman Parkir Gereja Sejaterah Poka, Sabtu (02/12/2023).

Pelaksanaan kegiatan Expo tersebut,dipersiapkan oleh tim panitia Jemaat GPM Poka yang berjumlah 21 orang, terdiri dari unsur majelis Jemaat dan anggota Jemaat, selama 3 Minggu persiapan.

Adapun dalam pelaksanaan Expo ini ada 26 stand yang terdiri dari 6 stand hasil kerajinan, 11 stand kuliner, 4 stand tanaman hias, 1 stand tanaman hidroponik, 1 stand studio lukis, dan 2 stand pakaian.

Untuk di ketahui, “Kegiatan Ekspo ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan potensi-potensi (ekonomi kreatif) warga jemaat GPM poka, memberdayakan ekonomi jemaat GPM poka, memperkenalkan produk UMKM jemaat kepada masyarakat, serta mencari target pasar.

Dalam arahannya ketua klasis Ambon utara Wilhemus abraham Bersebby mth mengatakan, sampai hari ini tentunya kita menginginkan agar pertumbuhan pertumbuhan kehidupan kita di semua sektor itu sejalan juga dengan upaya-upaya pengembangan spiritualitas, karena kalau kita ikuti perkembangan wilayah kita, pemerintah kota telah berusaha dan banyak program-program pemerintah yang juga desa-desa, negeri-negeri turut ikut serta, ujarnya.

“apa yang kita lakukan hari ini mesti bukan saja bagaimana kita menampilkan hasil karya kita.

Kami minta kalau bisa ini dijadikan agenda rutin sehingga kualitas untuk bagaimana kita menghasilkan produk-produk dari program-program pemberdayaan kita bisa diukur dan kita bisa berkontribusi bagi upaya-upaya kita semua”, ungkap Ketua Klasis Ambon Utara.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para sponsor di antaranya BI (Bank Indonesia), Indogrosir, Alfamidi, dan Bank Panin, yang telah membantu mensponsori, sehingga semuanya dapat di nikmati oleh masyarakat dan juga pada waktunya karya-karya ini juga dapat dinikmati oleh orang-orang yang datang ke wilayah kota Ambon.

Sementata itu dalam sambutannya Pj. Walikota Ambon sekaligus membuka kegiatan tersebut,menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor dan memberikan apresiasi serta mendukung setiap kegiatan expo yang dilakukan oleh Jemaat GPM Poka.

“Pemerintah Kota memberikan apresiasi berterima kasih kepada seluruh pimpinan Jemaat dan warga Jemaat GPM Poka yang sudah menginisiasi terlaksananya ekspor Jemaat GPM Poka tahun 2023,” ujar Bodewin.

Lanjutnya, kehidupan kita saat ini sementara berada dalam tantangan yang cukup besar, bersama kita melewati pandemi covid-19 kita baru mulai merangkak untuk melangkah lebih maju, tetapi kita dihadapkan lagi dengan persoalan ekonomi dunia, Jadi mungkin karena kondisi kita masih baik-baik saja kita belum merasa terdampak, tetapi di banyak negara hari ini semakin sulit memperoleh kebutuhan bahan pokok, kalaupun ada sudah dijual dengan harga yang sangat tinggi.
“Oleh Karena itu, untuk mengantisipasi hal itu pemerintah baik dari pusat, Provinsi sampai dengan kabupaten kota, diminta untuk memperkuat ketahanan pangan lokal, memperkuat usaha-usaha masyarakat yang masuk dalam kategori usaha mikro kecil dan menengah, “tutur Bodewin.

Saat ini di kota Ambon telah tercatat sekitar 4000-an para pelaku ekonomi mikro kecil dan menengah yang terus bertumbuh di kota Ambon, sehingga pemerintah terus mengevaluasi untuk mempermudah semua ketersediaan lapangan kerja di Kota Ambon, yang semakin sulit dikarenakan kota Ambon tidak memiliki sumber daya alam dan potensi pertambangan yang melimpah seperti di tempat lain.

“Wattimena berharap, melalui kegiatan ini mudah-mudahan saja akan menjadi sebuah momentum bagi kita untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM, tetapi juga merangsang yang lain untuk terus berusaha seperti begini, karena saya yakin kalau semua kelurahan, negeri dan desa di kota Ambon ini melakukan hal seperti ini, maka Kota Ambon ini tidak perlu naik kelas lagi, karena sudah berkelas,” pinta Pj Walikota.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV