oleh

Ini Harapan Pj Wali kota Ambon Pada Kegiatan Peluncuran Tahapan Pilkada

-Berita-184 views

GlobalMaluku.ID,Ambon-Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, periode 2024-2029 yang diselenggarakan Komisi Pemilhan Umum (KPU), Kota Ambon, resmi di launching.

Peluncuran yang berlangsung di Pattimura Park, Minggu (9/6/2024) malam tersebut di resmikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya didampingi Ketua KPU, Kaharudin Mahmud.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Nicodemus Kaya dalam sambutanya mengatakan, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif kemarin sudah kita laksanakan dengan aman dan lancar.

Untuk itu, kita juga harus memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat kota Ambon yang sudah mendukung dan berpartisipasi, sehingga seluruh penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tersebut berlangsung dengan baik.

“Peluncuran Pilkada hari ini adalah salah satu rangkaian awal dari Pilkada yang akan kita laksanakan yaitu, pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon tahun 2024. Semoga kegiatan ini menjadi awal kesuksesan pesta demokrasi terutama di Kota Ambon,” kata Dominggus.

Kegiatan peluncuran tahapan Pilkada ini sebagai momentum bagi semua pihak, baik itu penyelenggara maupun peserta untuk menjalin dan membangun konsolidasi, serta koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Mari kita tingkatkan solidaritas dan sinergitas dalam menjaga lingkungan, sebab ini merupakan tanggung jawab kita bersama serta mengajak kepada penyelenggara Pemilu, ASN harus tetap Netral, TNI dan Polri serta seluruh warga masyarakat dapat menciptakan kondusifitas di masa Pilkada nanti,” harap Dominggus.

Sementara itu, ketua KPU, Kota Ambon, Kaharudin Mahmud mengatakan, kita baru saja melewati proses pemilihan presidentahun 2024, pada tanggal 14 Februari, dan ini merupakan sebuah keberhasilan kesuksesan kita semua yang ada di Kota Ambon. Dimana turtu dalam hal ini Pemerintah Kota Ambon, Polri TNI dan jajaran.

“Ini merupakan tanggung jawab yang harus sama-sama kita akan kawal untuk Pilkada, yang kemudian akan kita laksanakan pada tanggal 27 November,” ujar Kaharudin.

Kita baru saja melewati proses perselisihan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 6 Juni lalu, dan pelaksanaan gugatan yang kemudian pada KPU Kota Ambon semua ditolak.

Hal itu sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2024 terdapat 2 tahapan yang telah dilaksanakan yaitu pelantikan PPK pada 5 Kecamatan dan PPS pada 50 Desa/Kelurahan/Negeri se Kota Ambon.

Sementara itu pada 13 Juni nanti akan dilaksanakan tahapan pendaftaran Pantarlih, yang nantinya akan melaksanakan tugas pendataan pemilih di seluruh desa/kelurahan/negeri yang akan dimasukan dalam daftar pemilih.

“Mari kita semua untuk senantiasa mengucapkan puji syukur nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas perkenaanNya masih diberikan kesehatan dalam rangka mengikuti kegiatan peluncuran tahapan pemilihan walikota dan walikota tahun 2024,” ajaknya.

Adapun kata Kaharudin bahwa, pelaksanaan pemilihan dapat berjalan baik, apabila adanya partisipasi masyarakat dalam memberikan data kependudukan pada saat pendataan dan pencocokan pemilih.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon dalam memberikan dukungan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kota Ambon kepada KPU Kota Ambon. Sehingga diharapkan pelaksanaan tahapan-tahapan dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

GM TV